Kalkulator masa subur kehamilan akurat

Diposting pada

kalkulator masa subur Kehamilan akurat Kegunaan utama kalkulator adalah sebagai sarana untuk menghitung angka. Jadi kalkulator masa subur adalah suatu alat yang berguna untuk menghitung masa subur wanita, dimulai saat hari pertama haid.

Untuk cara membuat anak dikatakan berhasil, syarat wajib adalah wanita harus berada di masa subur. Karena pada masa ini , pasangan kita mengalami ovulasi. Lalu kapan pasangan kita berada dimasa subur? Banyak metode yang digunakan untuk mengetahuinya, misalnya cara menghitung masa subur wanita secara manual atau juga bisa menggunakan kalkulator yang berada diartikel ini.

Cara menggunakan tool ini juga sangat relative mudah, kita tinggal memasukkan data – data yang diminta lalu tekan hitung. Tunggu proses dan hasilnya akan dapat kita baca secara akurat.

Masa Subur Wanita Setelah Haid atau Menstruasi bisa diketahui dengan perhitungan yang mudah dan bisa anda lakukan sendiri, untuk mendukung terjadinya proses Kehamilan. Adapun Menstruasi adalah proses lepasnya lapisan dinding rahim yang banyak mengandung pembuluh darah (endometrium) dan dikeluarkan melalui vagina. Lapisan tersebut, sebenarnya terbentuk sebagai persiapan apabila sel telur dibuahi oleh sel sperma. Namun apabila tidak dibuahi, maka maka jaringan ini akan terlepas atau biasa dikenal sebagai darah menstruasi.

Siklus menstruasi teratur terjadi antara 28-30 hari dengan lama keluar darahnya antara 3-7 hari pada setiap bulan. Siklus Menstruasi normal dan teratur menjadi kunci penting dan mempermudah menghitung masa subur wanita.

Contoh Perhitungan Masa Subur Setelah Haid

# 1. Wanita dengan Siklus Normal dan Teratur

Menghitung masa subur mudah diketahui dari siklus menstruasi normal, yaitu antara 28=30 hari. Hari pertama siklus menstruasi dihitung sebagai hari ke-1. Dan masa suburnya adalah hari ke-12 hingga hari ke-16 dalam satu siklus menstruasi. Sebagai contoh apabila awal Haid seorang wanita tanggal 9 Januari. Maka tanggal tersebut ditandai sebagai hari ke-1. Sedangkan masa subur jatuh pada Hari ke-12 jatuh (tanggal 20 Januari) sampai dengan hari ke-16 (tanggal 24 Januari).

# 2. Perhitungan Masa Subur, Wanita dengan Siklus Menstruasi tidak Teratur

Siklus menstruasi tidak teratur ditandai dengan awal haid yang maju atau mundur sehingga tidak dapat dipastikan. Hal tersebut akan mempengaruhi tingkat kesuburan dan cara menghitung masa subur wanita setelah menstruasi.

Adapun langkah penghitungannya adalah, menghitung lama Satu siklus haid yang dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid di bulan berikutnya. Catat jumlah hari tersebut 6 bulan. Untuk menentukan hari pertama masa subur, Jumlah siklus menstruasi dari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Sedangkan hari terakhir masa subur adalah Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11.

Hari Pertama Haid Terakhir

(HPHT)

Tanggal (DD)

Bulan (MM)

Tahun (YYYY)

Lama Siklus Haid Rata-rata

Boleh tidak diisi

(22 – 45 hari)

*Umumnya 28 hari

Perkiraan Pembuahan
Perkiraan Usia Janin
Perkiraan Siap Dilahirkan
Perkiraan Tanggal Kelahiran
Trimester Pertama
Trimester Kedua
Trimester Ketiga


Ringkasan:

  • Masa Subur Wanita dengan siklus menstruasi teratur adalah pada hari ke ke-12 hingga hari ke-16 dari awal haid,
  • Perhitungan Masa Subur lebih mudah pada wanita yang memiliki siklus haid teratur.

Sepintas Informasi Baca Juga Cara menggugurkan kandungan